Media Siber Indonesia
Uncategorized

Banyak Pegawai Absen Kerja Saat Andi Harun Sidak ke Tempat Pelayanan Publik

banyak-pegawai-absen-kerja-saat-andi-harun-sidak-ke-tempat-pelayanan-publik

Samarinda,Natmed.id – Wali Kota Samarinda Andi Harun memimpin inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa tempat pelayanan publik, Senin (22/4/2024). Sidak kali ini menyoroti aspek kedisiplinan pegawai dan kebersihan kantor.

Dalam sidak tersebut terungkap bahwa sejumlah pejabat dan pegawai di berbagai kantor masih tidak masuk kerja alias absen.

“Ada yang absen karena cuti atau sakit. Tetapi, ada juga yang memberikan alasan hanya secara lisan yang sebenarnya tidak diakui dalam regulasi pegawai kita,” ujar Andi Harun.

Kondisi ini seperti yang ditemukan Di SMPN 22 Samarinda. Dari sidak itu diketahui lebih dari 50 persen dari 78 guru tidak hadir. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan dalam kedisiplinan pegawai, khususnya dalam hal absensi.

Meski demikian, ada pula tempat pelayanan publik yang menunjukkan kinerja baik, seperti di Puskesmas Pasundan. Di tempat pelayanan kesehatan itu tercatat kehadiran pegawai hingga 100 persen. Kemudian, juga menjaga kebersihan kantor dan administrasi yang rapi.
Andi Harun menyatakan bahwa sidak ini menjadi evaluasi untuk meningkatkan disiplin pegawai di lingkungan pemerintah kota.

“Disiplin tidak hanya terkait dengan insentif atau kesejahteraan, tetapi juga merupakan kebutuhan dalam memberikan dedikasi dan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Meskipun demikian, sanksi belum diberlakukan dalam sidak tersebut. Pemerintah kota akan memberikan kesempatan kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta pimpinan organisasi untuk melakukan pembinaan terlebih dahulu.

Selain melakukan sidak di instansi pemerintah, Andi Harun juga mengunjungi area pasar dan simpang jalan untuk memastikan kedisiplinan dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Sidak ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan kualitas pelayanan publik yang prima dan memberikan contoh yang baik dalam menjaga kedisiplinan di lingkungan kerja,” tambahnya.

Pemerintah kota juga memiliki rencana mengadopsi sistem yang lebih tegas dan efisien guna memastikan kedisiplinan pegawai terkait absensi. Selain itu, pemantauan aktivitas kerja di seluruh unit kerja di lingkungan pemerintah kota.

Selain melakukan inspeksi mendadak di berbagai lembaga pemerintah, Wali Kota Andi Harun dan rombongan juga melaksanakan sidak ke Area Pasar Segiri serta Simpang Empat Pasundan – KS Tubun.

The post Banyak Pegawai Absen Kerja Saat Andi Harun Sidak ke Tempat Pelayanan Publik appeared first on National Media Nusantara.

Related posts

Gelar Rakerda, Gerindra Kaltim Matangkan Langkah Menuju Pemilu 2024

Nita

Andi Harun Ingatkan Tiga Indikator Takwa

Irawati

Gairah Berbahasa Daerah Hidup Kembali di Festival Tunas Bahasa Ibu Kaltim 2023

Adit Mustafa

Leave a Comment