Media Siber Indonesia
Uncategorized

Rusman Tekankan Pentingnya Mahasiswa Aktif

rusman-tekankan-pentingnya-mahasiswa-aktif

Samarinda, Natmed.id – Gabungan Mahasiswa Angkatan 2019 – 2022 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Mulawarman (Unmul), Semester III, V, dan VII, berkunjung di Gedung Rapat E DPRD Kalimantan Timur (Kaltim).

Kunjungan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Himanislik), ini untuk berdiskusi dan mendapat ilmu terkait adminitrasi publik bersama anggota DPRD Kaltim.

Adapun Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya’qub yang menjadi narasumber dari kegiatan bertema Institutional Visit II Himanislik Goes To DPRD Kaltim.

Rusman bernostalgia sewaktu ia masih menjadi mahasiswa Unmul di tahun 1988 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dahulu. Ia menjelaskan butuh kurang lebih 7 tahun baginya untuk mendapat gelar sarjana.

Tidak untuk ditiru, ia mengungkapkan lamanya waktu yang harus ia tempuh sebelum gelar sarjana karena dahulu Rusman sibuk berorganisasi dan sering kali menelantarkan studinya.

Ia menegaskan bahwa keputusan untuk menelantarkan studinya ini adalah keputusan yang salah. Menurutnya, berorganisasi itu harus menunjang studi dan bukannya menghambat.

“Dulu ada sebutan, kuliah jangan menghambat oragnisasi. Namun yang benar itu berorganisasi harus menunjang perkuliahan. Bukan sebaliknya ya, jangan tiru saya,” ujarnya di Gedung Rapat E DPRD Kaltim, Senin (9/10/2023).

Lebih lanjut, Rusman menjelaskan pentingnya belajar di luar perkuliahan. Ilmu yang didapat ketika kuliah sering kali didapati hasil yang berbeda sewaktu dipraktikkan.

Menurutnya, teori yang diperoleh bisa kadaluarsa akibat perubahan zaman. Maka itu, Rusman berpesan agar mahasiswa aktif mencari ilmu di luar perkuliahannya.

“Studi di luar kampus itu sangat diperlukan, kenapa? Kita harus memulai bagaimana membandingkan teoritikal dan praktik terutama soal bernegara dan pemerintahan,” ungkapnya.

“Tentu ini memang sering kali kita terperangah karena antara tataran idealisitik dan kenyataan sering kali berbelakang. Bukan berarti teori salah, teori sering benar karena teori lahir dari proses yang panjang. Tapi teori kadang kadaluarsa tergantung zaman. Maka itu, aktiflah,” pesannya.

The post Rusman Tekankan Pentingnya Mahasiswa Aktif appeared first on National Media Nusantara.

Related posts

Bahas RTRW, Wakil Ketua DPRD Kaltim Terima Kunjungan Dari DPRD Bontang

Vinsensius

Isran Noor Lantik Pengurus IKA Spansa

Phandu

Jabatan Kades Tinggal Hitungan Jam, Edi Damansyah Minta Untuk Tetap Mengayomi  

Marselina

Leave a Comment